post

Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Madiun membekali lulusan SLTA dan sarjana dengan ketrampilan. Pelatihan dilakukan di UPT BLK Madiun, Jl. Sumatra Caruban. Pembukaan pelatihan yang diikuti ratusan peserta tersebut dilakukan Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto, Rabu (30/10/2019).

“Anda sekalian termasuk orang-orang yang terpilih dari banyak pendaftar yang lolos. Karena itu patut disyukuri dan dipertahankan dengan kerja keras dan berdo’a,” kata Wakil Bupati Hari Wuryanto.

Dijelaskan, yang melatarbelangi pelatihan tenaga kerja lulusan SMA dan sarjana ini adalah agar mereka siap bersaing di pasar bebas, sesuai kualifikasi yang dibutuhkan dunia kerja. Apalagi tingginya tingkat penggangguran dan setiap tahun selalu bertambah secara signifikan membuat Pemkab Madiun mencari solusi.

Di lain pihak, tambah Wabup, keterbatasan lowongan kerja yang dapat menampung pencari kerja tidak berimbang. Hal tersebut menyebabkan kurangnya penyerapan tenaga kerja. Kondisi yang demikian menuntut pemerintah harus kreatif menelurkan program-program yang berbasis ekonomi, life skill maupun program lain untuk menekan angka pengangguran.

Dengan digelarnya kegiatan ketrampilan kali ini diharapkan setelah mendapatkan ilmu tambahan tersebut para peserta dapat mandiri dan tidak mengharapkan pada pekerjaan formal. Selain membekali ketrampilan yang berbasis kemandirian juga meningkatkan keterampilan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan standart yang dibutuhkan oleh perusahaan.

“Ini salah satu program dari pemkab dalam menjawab tingginya angka pengangguran. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, lulusannya mempunyai kemampuan tambahan,” terang H.Hari Wuryanto

This entry was posted in Berita.