PROGRAM DESMIGRATIF KABUPATEN MADIUN
Program Desa Migran Produktif

By Admin 24 Apr 2018, 12:07:12 WIB Daerah
PROGRAM DESMIGRATIF KABUPATEN MADIUN

Enam Desa di Wilayah Kerja BNI Madiun Dijadikan Rumah Desmigratif

6 November
09:04 2017
 

KBRN, Madiun: BNI 46 Cabang Madiun mendukung Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) inisiasi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI. Di wilayah BNI 46 cabang Madiun, ada 6 rumah desmigratif yang didirikan.

Pemimpin BNI 46 Cabang Madiun, Eko Indyartono mengatakan, 6 rumah desmigratif itu 2 diantaranya di Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun, 2 lainnya di Kecamatan Karas dan Parang Magetan serta dua lainnya di wilayah Kabupaten Ngawi. Menurut Eko, 6 desa itu dipilih karena merupakan kantong terbesar pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

“Jadi untuk keluarga TKI yang ada disini, rumah desmigratif itu akan dibuat perpustakaan, tempat untuk pengembangan UMKM, jadi ada kesibukan disana. Dan nanti mengangkat pendidikan bagi keluarga TKI,” ungkap Eko

Sementara itu, pemimpin BNI wilayah Malang, Yessy Kurnia menuturkan, rumah desmigratif yang didirikan Kemenaker bekerjasama dengan BNI bertujuan memberdayakan dan meningkatkan pelayanan serta perlindungan di desa-desa yang menjadi kantong calon TKI maupun TKI. Program tersebut dilaksanakan di 50 kota/kabupaten dengan sasaran 100 desa di seluruh Indonesia, termasuk enam diantaranya menjadi cakupan kerja BNI 46 cabang Madiun.

“Jadi sebenarnya rumah desmigratif ini, rumah yang didesain untuk media komunikasi para TKI, ketika TKI itu pulang,” kata Yessy.

Dijelaskan, rumah Desmigratif berisi layanan Migrasi (Informasi Prakeberangkatan TKI), Usaha Produktif Desa/BLK Desa, Community Parenting untuk anak TKI dan Koperasi/UKM, sedangkan Program Keluarga Migran Indonesia (KAMI) bersama BNI merupakan program BNI bertujuan memberdayakan TKI secara komprehensif yang mencakup program selama periode sebelum keberangkatan (Pre-Departure), selama periode bekerja di luar negeri dan setelah kembali ke Indonesia. (EW)




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment